Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Oktavia, Rama Cherlyna Putri
Subject
Literasi Keuangan
Datestamp
2024-02-21 04:11:31
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan variabel literasi
keuangan gaya hidup terhadap minat belanja online dengan promosi penjualan
online sebagai variabel moderasi. Dalam perkembangan teknologi yang
menjadikan internet berfungsi sebagai media komunikasi tetapi justru
mempengaruhi masyarakat yaitu berbelanja online. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 49 responden yang
merupakan mahasiswa STIE Malangkucecwara. Metode analisis data
menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa
pengaruh literasi keuangan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap
minat belanja online, gaya hidup berpengaruh negatif dan tidak signifikan
terhadap minat belanja online, promosi penjualan online tidak dapat memoderasi
oleh literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belanja
online, sedangkan promosi penjualan online tidak dapat memoderasi oleh literasi
keuangan yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat belanja
online