PERAN DIGITAL MARETING TERHADAP KEPUTUSAN
PEMBELIAN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL
MEDIASI (Studi pada Konsumen Live E-Commerce Shopee) Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
SIMBOLON, MEZBAH ANDREAS CHRISTIAN HAMONANGAN
Subject
Keputusan Pembelian
Datestamp
2024-05-15 05:14:31
Abstract :
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membuat akses internet
semakin mudah dan cepat yang menyebabkan terjadinya pergeseran teknik
pemasaran. Pemanfaatan teknologi diharapkan dapat membawa manfaat yang
sangat besar bagi dunia usaha yang semakin kompetitif. Perusahaan yang dapat
bersaing dalam suatu persaingan adalah perusahaan yang dapat menerapkan
teknologi di perusahaannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel harga dapat
memediasi pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen
pada Live E-Commerce Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
yang melakukan pembelian di platform Live E-Commerce Shopee. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yakni
sebanyak 97 orang responden. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif
dan Path analisys alat analisis Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital marketing berpengaruh
signifikan terhadap keputusan Keputusan Pembelian. Variabel Harga berpengaruh
signifikan terhadap keputusan Keputusan Pembelian, dan hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel Harga dapat memediasi pengaruh Digital marketing
terhadap keputusan Keputusan Pembelian.