IMPRESI WORD OF MOUTH DAN RELATIONSHIP MARKETING
TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN
SEBAGAI MODERASI pada KURNIA JAYA MARMER MALANG Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
RAMADHAN, NANDA KURNIATULLOH
Subject
Kepuasan Konsumen
Datestamp
2024-05-21 06:05:47
Abstract :
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan kuantitatif kausalitas karena penelitian ini akan menguji pengaruh variabel satu
dengan variabel yang lainnya. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah
pelanggan yang membeli produk pada Kurnia Jaya Marmer Malang. Sampel penelitian ini
adalah Pelanggan yang membeli produk Marmer Kurnia Jaya Marmer Malang. Jumlah
sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, dan diperoleh hasil
sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah 40 responden. Dalam penelitian ini
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan disebar melalui google
form. Kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara word of mouth terhadap
loyalitas pelanggan pada Kurnia Jaya Marmer Malang. (2) terdapat pengaruh signifikan
antara Relationship Marketing terhadap Loyalitas pelanggan pada Kurnia Jaya Marmer
Malang. (3) terdapat pengaruh signifikan antara word of mouth terhadap loyalitas pelanggan
yang di moderasi oleh kepuasan pelanggan pada Kurnia Jaya Marmer Malang. (4) terdapat
pengaruh signifikan antara relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan Kurnia Jaya
Marmer Malang.