Abstract :
Kemajuan digitalisasi diperkirakan akan mengalami lonjakan yang luar biasa dan
cepat dari tahun 2022 hingga 2023. Terdapat pertumbuhan pengguna internet di
Indonesia sebesar 2,67 persen, menurut jajak pendapat Asosiasi Penyelenggara Jasa
Internet Indonesia (APJII). Maraknya belanja online hanyalah salah satu pengaruh
perluasan teknologi digital terhadap lanskap pemasaran. Banyak platform ecommerce
bermunculan
di
Indonesia,
dan
salah
satu
yang
paling
menonjol
adalah
Shopee.
Salah
satu
alasan
mengapa
Shopee
begitu
sukses
di
industri
e-commerce
adalah
karena mereka sering menjalankan insentif pemasaran untuk menarik
pelanggan. Promosi tersebut antara lain cashback, flash sale, gratis ongkos kirim,
dan diskon besar-besaran di setiap tanggal baik. Belanja online mendorong
pelanggan untuk melakukan pembelian impulsif karena banyaknya insentif yang
tersedia. Dilakukan penelitian ini dikarenakan terdapat perbedaan hasil penelitian
yang dilakukan oleh (Wangia & Andarinib, 2021) dan (Andarinib et al., 2021)