Abstract :
BPJS Ketenagakerjaan merupakan program negara yang bertujuan memberikan
perlindungan dan kesejahteraan untuk mengurangi resiko ekonomi. BPJS
Ketenagakerjaan memberikan program Jaminan Tenaga Kerja dan perlindungan sosial
kepada seluruh pekerja di Indonesia, salah satunya pekerja BPU (Bukan Penerima
Upah). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami apakah pekerja bukan
penerima upah pada BPJS Ketenagakerjaan cabang Mojokerto mengambil keputusan
keikutsertaan berdasarkan bauran promosi yang telah dilakukan BPJS Ketenagakerjaan
seperti periklanan, sales promotion, public relations, dan kualitas pelayanan.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif.
Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa kuesioner
dengan populasi penelitian terdiri dari 4.571 pekerja bukan penerima upah pada BPJS
Ketenagakerjaan. Menurut temuan ini, pekerja bukan penerima upah pada BPJS
Ketenagakerjaan cabang Mojokerto menganggap periklanan, sales promotion, public
relations, dan kualitas pelayanan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan cabang
Mojokerto menarik, efektif dan memenuhi kebutuhan pemahaman mereka, sehingga
dapat disimpulkan keputusan keikutsertaan dipengaruhi secara signifikan oleh
periklanan, sales promotion, public relations, dan kualitas pelayanan.