Abstract :
Perusahaan dibidang jasa pembiayaan ini diwarnai oleh persaingan yang ketat,
perusahaan harus senantiasa berusaha mewujudkan keinginan nasabah semaksimal
mungkin. Kepuasan nasabah dapat dipengaruhi oleh: (1)Reliability,(2)
Responsiveness, (3) Assurance, (4) Tangible, (5) Empathy. Tujuan penelitian yaitu
untuk mengetahui pengaruh variabel Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati,
dan Bukti Fisik secara bersama-sama dan parsial terhadap Kepuasan Nasabah PT.
BFI Finance Singosari Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah
explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental
sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Metode analisis data dengan
analisis deskriptif, analasis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji simultan dan
uji parsial.
Uji koefisien determinasi, menunjukkan bahwa hasil r square sebesar 0,816.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara simultan variabel kepuasan dan loyalitas
nasabah berpengaruh positif terhadap kualitas sebesar 81,6% dan sisanya 18,4%
dipengaruhi oleh faktor atau sebab lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah
dengan nilai p-value (p<0,05) dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas
pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai p-value (p<0,05).