Abstract :
Di Indonesia, perkembangan industri jasa khususnya jasa transportasi
online mengalami kemajuan yang sangat pesat. Persaingan dalam membangun jasa
transportasi online sehingga menuntut perusahaan untuk selalu berupaya
meningkatkan daya saing. Salah satunya adalah bauran pemasaran yang sangat
penting bagi konsumen untuk dapat menggunakan jasa yang ditawarkan oleh
perusahaan sesuai dengan kebutuhan tiap konsumen yang dapat memenuhi
keinginan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana
pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian jasa transportasi
berbasis online di Kota Malang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
verifikatif yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang
melakukan pengumpulan data di lapangan untuk memprediksi dan menjelaskan
hubungan atau pengaruh dari suatu variabel terhadap variabel yang lainnya. Adapun
banyaknya sampel yang diteliti adalah 100 sampel responden yang merupakan
konsumen jasa transportasi online di Kota Malang.
Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa diperoleh nilai Fhitung
(17,924) dan lebih besar dibanding Ftabel (2,22) maka pada tingkat kekeliruan 5%
karena nilai Fhitung lebih besar daripada Ftabel berarti Product (X1), Price (X2), Place
(X3), Promotion (X4), Participant (X5), Process (X6), Physical Evidence (X7)
secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
menggunakan jasa transportasi online.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, 7P, Keputusan Pembelian.