Abstract :
ii
Abstraksi
Nilai perusahaan dijadikan sebagai suatu ukuran keberhasilan manajemen
perusahaan dalam prospek operasi di masa mendatang sehingga dapat
mewujudkan kepercayaan bagi pemegang saham perusahaan, karena apabila
kesejahteraan para pemegang saham sudah mampu terpenuhi, maka sudah pasti
keadaan tersebut mencerminkan nilai perusahaan yang tinggi pula. Nilai
perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu modal
intelektual, ukuran dan pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat pengaruh dari modal intelektual, ukuran dan pertumbuhan perusahaan
terhadap nilai perusahaan. Variabel dependen dari penelitian ini adalah nilai
perusahaan (PBV). Variabel independen dalam penelitian ini adalah modal
intelektual (VAICTM), ukuran perusahaan (log of total assets), dan pertumbuhan
perusahaan (growth). Sampel dari penelitian ini adalah perusahaan manufakturing
sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada
tahun penelitian 2012-2014, perolehan sampel menggunakan metode purposive
sampling, berdasarkan kriteria sampel maka diperoleh sebanyak 18 perusahaan.
Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi
17.0. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1.) Modal intelektual
berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan (2.) Ukuran
perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (3.)
Pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai
perusahaan.
Kata Kunci : Modal Intelektual, Ukuran Perusahaan dan Pertumbuhan
Perusahaan.
?PENGARUH MODAL INTELEKTUAL, UKURAN DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN
TERHADAP NILAI PERUSAHAAN STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN
MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI?
Author: Hamida Afrina NPK: A.2013.1.32325