Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
RIOKO DEWANTORO, CAHYONO PUTRA
Subject
Loyalitas Konsumen
Datestamp
2021-02-26 03:55:51
Abstract :
ii
ABSTRAKSI
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS HUBUNGAN
TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDUSTRI OLAHAN PT. JAYA ABADI TUBAN
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas layanan
dan kualitas hubungan terhadap loyalitas pelanggan dan mengetahui diantara variable kualitas
produk, kualitas layanan dan kualitas hubungan, yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas
pelanggan. Sampel penelitian ini adalah konsumen PT. Jaya Abadi Tuban sebanyak 40
pelanggan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda.
Dari hasil analisis secara parsial, diketahui kualitas produk berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan, artinya semakin baik kualitas produk maka loyalitas pelanggan
akan semakin tinggi. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan,
artinya semakin baik kualitas layanan maka loyalitas pelanggan akan semakin tinggi. Kualitas
hubungan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, artinya semakin baik kualitas
hubungan maka loyalitas pelanggan akan semakin tinggi. Kualitas produk, kualitas layanan dan
kualitas hubungan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Besarnya
sumbangan kualitas produk, kualitas layanan dan kualitas hubungan berpengaruh simultan
terhadap loyalitas pelanggan sebesar 68,3% dan sisanya 31.7% dipengaruhi oleh variabel
bebas lain yang tidak diteliti. Diketahui bahwa kualitas produk memiliki pengaruh dominan
terhadap loyalitas pelanggan dibandingkan vaiabel kualitas layanan dan kualitas hubungan.
Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, kualitas hubungan, loyalitas pelanggan