Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Corporate Social Responsibility dan
Kepemilikan Manajerial terhadap nilai perusahaan serta Profitabilitas sebagai variabel
moderating dalam pengaruh hubungan antara Corporate Social Responsibility, Kepemilikan
Manajerial dan nilai perusahaan. tujuan dari CSR adalah untuk menjadikan aktivias bisnis
perusahaan dan budaya perusahaan berkelanjutan dalam tiga aspek yaitu aspek ekonomi,
aspek sosial, aspek lingkungan dan ekologi.
Sampel penelitian ini adalah perusahaan food and baverages yang terdaftar di Bursa
efek Indonesia pada tahun 2012 sampai 2015. Sampel dipilih menggunakan metode
purposive sampling dan diperoleh 44 perusahaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel
dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian
hipotesis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1)
CSR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Kepemilikan
Manajerial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (3)
Profitabilitas sebagai variabel moderating memiliki pengaruh positif dan signifikan sehingga
dapat memoderasi antara CSR terhadap nilai perusahaan, (4) Profitabilitas sebagai variabel
moderating memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan sehingga tidak dapat memoderasi
antara Kepemilikan Manajerial terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Corporate
Social
Profitabilitas, Nilai Perusahaan
Responsibility,
Kepemilikan
Manajemen,
ABSTRACT
This study aims to analyze the Corporate Social Responsibility and Managerial
Ownership of corporate value and Profitability as a moderating variable in the influence of
the relationship between Corporate Social Responsibility, Managerial Ownership and
corporate value. The goal of CSR is to make the company's business activities and corporate
culture sustainable in three aspects: economic, social, environmental and ecological aspects.
The sample of this research is food and baverages company listed in Indonesian Stock
Exchange in 2012 until 2015. The sample was chosen using purposive sampling method and
obtained 44 companies that meet the criteria as sample in this research. Data analysis was
done by classical assumption test and hypothesis test by multiple linear regression method.
The results of this study show that: (1) CSR has a positive and significant influence on firm
value, (2) Managerial ownership has a positive and significant influence on firm value, (3)
Profitability as a moderating variable has a positive and significant influence so that it can
moderate between CSR (4) Profitability as a moderating variable has a negative and
insignificant effect that can not moderate between Managerial Ownership of firm value.
Keywords
: Corporate
Social
Profitability, Corporate Value
Responsibility,
ii
Ownership
Management,