Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pemahaman
mahasiswa akuntansi di STIE Malangkuçeçwara. Rumusan masalah bertujuan
untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan pemahaman mahasiswa yang
berasal dari SMA jurusan IPA dan SMA jurusan IPS terhadap konsep dasar
akuntansi yang telah mereka dapat selama perkuliahan. Konsep dasar akuntansi
yang dimaksut meliputi Aset, Liabilitas, dan Ekuitas. Data yang diperoleh untuk
penelitian ini merupakan data primer berupa jawaban responden dari menjawab
kuisioner yang berisikan pertanyaan-pertanyaan seputar konsep dara akuntansi.
Metode Analisis yang digunakan menggunakan uji beda Kruskal Wallis untuk
menentukan perbedaan secara signifikan pemahaman mahasiswa akuntansi dari
latar belakang jurusan sekolah IPA dan IPS terhadap konsep dasar akuntansi.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan pemahaman mahasiswa
akuntansi akuntansi dari latar belakang jurusan sekolah SMA IPA dan SMA IPS
terhadap konsep dasar asset, liabilitas dan ekuitas. Dengan hasil penelitian ini
dapat memberikan kontribusi kepada STIE Malangkuçeçwara mengenai
informasi mahasiswa, program studi, ataupun mata kuliah yang terdapat di
institusi sebagai evaluasi kinerja.