Abstract :
Menyadari bidang usaha cafe yang sedang ramai dan jumlah kompetitor di
bidang usaha yang cukup banyak maka perlu adanya strategi pemasaran yang
inovatif dan kreatif yang harus dilakukan kedai ?Kombinasi Kopi? di kota malang
agar produk yang ditawarkan dapat bersaing di pasar konsumen. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan)
perusahaan sebagai pertimbangan menentukan kebijakan perusahaan. 2)
Mengetahui faktor eksternal (peluang dan ancaman) perusahaan sebagai
pertimbangan dalam menentukan strategi pemasaran kedepan. 3) Menentukan
kebijakan strategi pemasaran berdasarkan pada analisis SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi internal perusahaan kedai
?Kombinasi Kopi? di kota Malang memiliki nilai 3,01 yang dapat diartikan
kekuatan perusahaan baik dengan penilaian skala likert. Sedangkan kondisi
eksternal perusahaan kedai ?Kombinasi Kopi? memiliki nilai 2,60 yang dapat
diartikan nilai peluang yang tinggi dengan penilaian skala likert. Posisi
perusahaan kedai ?Kombinasi Kopi? saat ini berada pada fase pertumbuhan usaha.
Hasil ini dibuktikan pada matriks internal dan eksternal SWOT yang
menunjukkan keadaan perusahaan berada pada sel 1. Strategi yang tepat untuk
diterapkan pada usaha kedai ?kombinasi Kopi? di Kota Malang saat ini adalah
dengan SO (Strengh, Opportunities).
Analisis SWOT, Strategi Pemasaran