Abstract :
Jasa transportasi yang berbasis aplikasi online menyediakan layanan untuk
membantu masyarakat melakukan rutinitas dalam meningkatkan efesiensi dan
mobilitas yang padat. Banyak jasa transportasi online yang memberikan layanan
yang baik untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam hal ini tingkat
kepuasan pelanggan merupakan aspek yang sangat penting untuk kemajuan dan
perkembangan perusahaan jasa transportasi online Grab. Untuk meningkatkan
kepuasan pelanggan Kotller (2009), perusahaan dapat memberikan layanan
Kotller (2011) yang berkualitas sehingga pelanggan merasa puas terhadap jasa
yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) pengaruh harga
terhadap kepuasan pelanggan transportasi online Gojek pada Mahasiswa STIE
Malangkucecwara (2) untuk mengetahui kualitas layanan terhadap kepuasan
pelanggan transportasi online Gojek pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan
instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah
teknik non probality sampling dengan jumlah sample 40 responden. Uji validitas
instrumen menggunakan korelasi person sedangkan uji realibilitas menggunakan
taraf ukur menurut Ghozali (2009:98). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)
Harga berpengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan transportasi online
Gojek pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara dibuktikan dengan nilai
signifikan 0,026 < 0,005 dan nilai thitung sebesar -2,324. (2) Kualitas layanan
berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan transportasi online Gojek pada
Mahasiswa STIE Malangkucecwara dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 <
0,005 dan nilai thitung 3,105 lebih besar dari ttabel yaitu 2,026.