Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi terhadap
Laba Bersih Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap Laba Bersih
Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah biaya promosi, biaya produksi, volume penjualan dan laba bersih
Perusahaan Food and Beverages yang listing di BEI. Sampel sebanyak 10
perusahaan yang memenuhi kriteria data keuangan Perusahaan Food and Beverages
yang listing di BEI selama tahun 2014-2019. Metode analisis dalam penelitian ini
adalah regresi berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh peubah bebas
terhadap peubah terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
biaya produksi maka akan mengakibatkan penurunan laba bersih. Hal ini
mengindikasikan bahwa biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap laba
bersih. Apabila terjadi peningkatan biaya pemasaran maka akan mengakibatkan
meningkatkan variabel laba bersih. Hal ini mengidikasikan bahwa biaya pemasaran
tidak berpengaruh terhadap laba bersih.