Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan
pemahaman mahasiswa akuntansi STIE Malangkuçeçwara yang berasal dari latar
belakang sekolah yang berbeda yaitu SMA jurusan IPA dan SMA jurusan IPS
terhadap konsep dasar akuntansi yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif non-kasus
dengan menggunakan uji beda Mann Whitney Test sebagai alat analisis hipotesis.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang
dilakukan terhadap 49 orang mahasiswa aktif Jurusan Akuntansi STIE
Malangkuçeçwara angkatan 2018 dan telah menempuh mata kuliah fundamental
accounting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
pemahaman mahasiswa akuntansi dari latar belakang sekolah SMA jurusan IPA
dan SMA jurusan IPS terhadap konsep dasar aset dan liabilitas. Dan tidak terdapat
perbedaan pemahaman mahasiswa akuntansi dari latar belakang sekolah SMA
jurusan IPA dan SMA jurusan IPS terhadap konsep dasar ekuitas.