Abstract :
Islamic Social Reporting merupakan indeks pengungkapam tanggung jawab
sosial yang ditetapkan oleh AAOIFI (Accounting and Auditing Organization
for Islamic Institutions) sebagai standar dalam pengungkapan berdasarkan pada
prinsip-prinsip ke Islaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
membuktikan pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage
terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting pada perusahaan yang
terdaftar di Jakarta Islamic Index 70 (JII70) tahun 2018 - 2019. Jenis penelitian
ini merupakan jenis penelitian kuantitatif kausalitas. Data yang digunakan
dalam penelitian ini berupa dokumen yaitu diambil dari laporan tahunan
(annual report) perusahaan yang tercatat pada Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
Periode Juni 2018 - November 2019. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan persamaan regresi linier berganda yang menggambarkan
hubungan antara profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage sebagai
variabel independen terhadap variabel dependen yaitu pengungkapan Islamic
Social Reporting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas,
ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan
Islamic Social Reporting pada perusahaan. Hasil penelitian dapat diambil
kesimpulan bahwa perusahaan yang tercatat di JII70 diwajibkan memiliki
kesadaran yang tinggi dalam melakukan pengungkapan Islamic Social
Reporting berdasarkan prinsip-prinsip syariah sehingga peranan aspek ekonomi
maupun spiritual perusahaan dapat terwujud. Hasil penelitian ini selaras
dengan penelitian yang dilakukan oleh Lestari (2015), Maghfiroh (2018)
menyatakan bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan dan leverage tidak
berpengaruh terhadap pengungkapan laporan tahunan perusahaan.