Abstract :
Transfer pricing merupakan harga transfer atas transaksi penjualan barang,
jasa, harta tidak berwujud kepada anak perusahaan dan kepada pihak-pihak yang
mempunyai hubungan istimewa yang berada di berbagai negara Penelitian ini
bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme bonus, ukuran perusahaan dan
tunneling incentive terhadap indikasi melakukan transfer pricing. Penelitian ini
termasuk penelitian kuantitatif kausalitas dengan menggunakan data sekunder.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri dasar dan kimia yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Sedangkan sampel
penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 14
perusahaan. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda yang
diolah dengan software SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme bonus tidak berpengaruh
terhadap indikasi melakukan transfer pricing, ukuran perusahaan berpengaruh negatif
terhadap indikasi melakukan transfer pricing, sedangkan tunneling incentive
berpengaruh positif terhadap indikasi melakukan transfer pricing.