Abstract :
Penelitian ini mengangkat isu experiential marketing dengan studi
kasus pada kafe kopi. Pelanggan kafe kopi menjadi objek
penelitian, karena kedai kopi yang menawarkan produk minuman
dengan disertai nilai tambah berupa pelayanan dan suasana yang
muncul dari penataan interior tersebut kepada pelanggannya.
Sehingga pelanggan bukan hanya dipuaskan oleh produk yang
mereka konsumsi, tetapi dari pengalaman yang mereke dapatkan
dari awal mereka menjejakan kaki hingga mereka pulang. Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis variabel Experiental Marketing
yang terdiri dari sense, feel, think, act, dan relate secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Pelanggan Kopi Sawah
di Kota Malang, dan untuk menganalisis variabel Experiental
Marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act, dan relate
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
Pelanggan Kopi Sawah di Kota Malang. Populasi dalam penelitian
ini adalah pelanggan Kopi Sawah. Jumlah sampel yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 112 orang responden dengan metode
purposive sampling dengan kriteria pelanggan yang memiliki umur
di atas 17 tahun, dan menjadi pelanggan tetap Kopi Sawah
selama lebih dari 1 bulan. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS ver.21.
Hasil penelitian membuktikan Sense , Feel, Think, Act,
Relate berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Kopi
Sawah di Kota Malang. Nilai Adj. R Square menunjukkan bahwa
48,7% kemampuan variabel Sense, Feel, Think, Act, Relate dalam
menjelaskan Kepuasan konsumen, sedangkan sisanya sebesar
51,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar 5 variabel bebas yang,
diteliti seperti harga, promosi, kualtas pelayanan dan lain-lain.