DETAIL DOCUMENT
PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN YANG DIMEDIASI OLEH ORIENTASI PASAR (STUDI PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH PANDE BESI DI KECAMATAN BANDAR KEDUNGMULYO KABUPATEN JOMBANG)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Ika Putri Andriani Darmawan (STUDENT ID : )
(LECTURER ID : 0713046402)
Nuwairy Hilda (LECTURER ID : 0014065806)
Subject
HU General Management 
Datestamp
2022-12-22 05:38:27 
Abstract :
IKM pande besi merupakan usaha pertukangan besi dan sentra kerajinan yang dituntut kompetitif serta lebih inovatif dalam menciptakan suatu produk dalam bersaing menyesuaikan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, inovasi produk terhadap orientasi pasar, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh orientasi pasar pada IKM Pande Besi yang berada di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Sampel yang digunakan adalah 34 IKM Pande Besi di Desa Pucang Simo dan Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji Validitas dan uji Reliabilitas dengan menggunakan metode statistik SEM (Structural Equation Modeling)-PLS dengan bantuan program WarpPLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi produk tidak dapat meningkatkan kinerja pemasaran secara langsung, namun dapat menunjang Orientasi pasar. Orientasi pasar mampu meningkatkan kinerja pemasaran. Serta Orientasi pasar memediasi penuh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran IKM Pande besi di Kecamatan Bandar kedungmulyo dengan baik. Kata kunci: Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara