Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Dinda Ayu Nilam Tariadi (STUDENT ID : )
(LECTURER ID : 0726117102)
Subject
HF Commerce
Datestamp
2022-12-28 11:12:36
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar
terhadap kinerja perusahaan yang dimediasi oleh keunggulan bersaing pada
UMKM makanan minuman di Kabupaten Jombang. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh pemilik UMKM di Kabupaten Jombang. Sampel dalam penelitian
ini adalah 88 orang responden yang menjadi pemilik UMKM makanan minuman
yang diambil secara probability sampling. Pengumpulan datanya dilakukan
dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis SEM,
dimana X menunjuk pada variable orientasi pasar,Y1 pada kinerja perusahaan,
dan Y2 pada Keunggulan bersaing.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan
bahwa semakin baik orientasi pasar maka tidak mampu meningkatkan kinerja
perusahaan, Semakin baikorientasi pasar maka mampu meningkatkan keunggulan
bersaing, Semakin baik keunggulan bersaing maka mampu meningkatkan kinerja
perusahaan, Semakin baik keunggulan bersaing maka mampu memediasi orientai
pasar terhadap kinerja perusahaan.
Kata kunci : Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan