DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG DIMEDIASI OLEH KEUNGGULAN BERSAING (STUDI KASUS PADA UMKM MAKANAN MINUMAN DI JOMBANG)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Dinda Ayu Nilam Tariadi (STUDENT ID : )
(LECTURER ID : 0726117102)
Subject
HF Commerce 
Datestamp
2022-12-28 11:12:36 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan yang dimediasi oleh keunggulan bersaing pada UMKM makanan minuman di Kabupaten Jombang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemilik UMKM di Kabupaten Jombang. Sampel dalam penelitian ini adalah 88 orang responden yang menjadi pemilik UMKM makanan minuman yang diambil secara probability sampling. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis SEM, dimana X menunjuk pada variable orientasi pasar,Y1 pada kinerja perusahaan, dan Y2 pada Keunggulan bersaing.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin baik orientasi pasar maka tidak mampu meningkatkan kinerja perusahaan, Semakin baikorientasi pasar maka mampu meningkatkan keunggulan bersaing, Semakin baik keunggulan bersaing maka mampu meningkatkan kinerja perusahaan, Semakin baik keunggulan bersaing maka mampu memediasi orientai pasar terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci : Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara