Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peningkatan penggunaan lipstik matte
Wardah oleh mahasiswi STIE PGRI Dewantara Jombang. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh celebrity endorser
dan word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen lipstik matte
Wardah. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen lipstik matte Wardah
yang ada di Kampus STIE PGRI Dewantara Jombang. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini adalah berjumlah 100 orang yang diambil dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linear berganda.
celebrity endorser berkontribusi terhadap keputusan pembelian lipstik matte
Wardah di mahasiswi STIE PGRI Dewantara Jombang, celebrity endorser
semakin tinggi, maka keputusan pembelian konsumen lipstik matte Wardah di
Jombang semakin tinggi. Word of mouth berkontribusi terhadap keputusan
pembelian lipstik matte Wardah di mahasiswi STIE PGRI Dewantara Jombang,
word of mouth semakin baik, maka keputusan pembelian konsumen lipstik matte
Wardah di Jombang semakin tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
celebrity endorser lipstik matte Wardah mampu meningkatkan keputusan
pembelian lipstik matte Wardah, dan apabila word of mouth baik, maka keputusan
pembelian lipstik matte Wardah meningkat.
Kata Kunci : Celebrity Endorser, Word of Mouth, Keputusan Pembelian