Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Yunia Ardi Damaryanti (STUDENT ID : )
(LECTURER ID : 0716097202)
Subject
HU General Management
Datestamp
2022-12-27 09:46:38
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan smartphoneOppo, dan (2) pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan smartphoneOppo.
Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan atau pengaruh antara dua atau lebih variabel . Variabel yang mempengaruhi pada penelitian ini adalah kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan, sedangkan variabel yang dipengaruhi adalah loyalitas pelanggan. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan smartphone Oppo di Jombang pada tiga kecamatan, yaitu kecamatan Diwek, Jombang, dan Tembelang dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisa data menggunakan metode statistik regresi linier berganda, pengujian hipotesi menggunakan uji t dan koefisien determinasi.
Kepercayaan merek berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan smartphone Oppo di Jombang. Kepercayaan merek semakin tinggi, maka loyalitas pelanggan Oppo di Jombang semakin tinggi. Kepuasan pelanggan berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan smartphone Oppo di Jombang. Kepuasan pelanggan semakin tinggi, maka loyalitas pelanggan Oppo di Jombang semakin tinggi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek dan kepuasan pelanggan menyebabkan loyalitas pelanggan.
Kata kunci : Kepercayaan Merek, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan