DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2018-2021)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Erlita, Alfiani Nila
Subject
HK Accounting 
Datestamp
2023-11-23 06:12:11 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Manufaktur sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Idonesia periode 2018-2021. Penelitian sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling yaitu dengan mengambil sampel perusahaan selama periode penelitian berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan kriteria maka sampel dalam penelitian ini adalah 15 perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman. Data yang digunakan data eksternal adalah data yang dicari secara simultan dengan cara mendapatkannya dari luar perusahaan. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan hasil yang didapat dari penelitian ini ialah variabel manajemen laba sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan. dan manajemen laba sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan antara leverage terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Makanan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan, Manajemen Laba 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara