Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai
perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada
perusahaan Manufaktur sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Idonesia periode
2018-2021.
Penelitian sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling yaitu dengan
mengambil sampel perusahaan selama periode penelitian berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan
kriteria maka sampel dalam penelitian ini adalah 15 perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan
Minuman.
Data yang digunakan data eksternal adalah data yang dicari secara simultan dengan cara
mendapatkannya dari luar perusahaan. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik
studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi
klasik dan uji hipotesis.
Secara parsial profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.
Secara parsial leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara
simultan hasil yang didapat dari penelitian ini ialah variabel manajemen laba sebagai variabel
intervening berpengaruh signifikan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan. dan manajemen laba
sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan antara leverage terhadap nilai perusahaan pada
Perusahaan Makanan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode
2018-2021.
Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan, Manajemen Laba