Abstract :
Corporate Social Responsibility atau CSR merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan
perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial di masyarakat. Perusahaan memiliki kewajiban
untuk turut serta membangun perekonomian masyarakat sekitar sekaligus menjamin kelestarian
lingkungan sebagai dampak dari aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan. Dalam
praktiknya, kegiatan CSR dipengaruhi oleh berbagai faktor tertentu sehingga penting untuk
dilakukan pengukuran apakah kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan telah sesuai. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi luas pengungkapan CSR. yang
terdiri dari profitabilitas, laverage, dan ukuran perusahaan. Adapun subyek dalam penelitian ini
adalah perusahaan tambang subsektor nikel yang terdaftar di BEI tahun 2016 ? 2021. Berdasarkan
analisis regresi linier berganda yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa laverage dan
ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap luas pengungkapan CSR. Sedangkan rasio
profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap luas pengungkapan CSR
Kata kunci : CSR, profitabilitas, laverage, ukuran perusahaan