Abstract :
Perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin maju dapat kita rasakan
dijaman modern ini. Promosi penjualan sangat berpengaruh dalam berbelanja
online karena hal itu menjadi salah satu kunci penting untuk konsumen
melakukan pembelian ulang terhadap sebuah produk. Minat beli ulang
berpengaruh dalam kegiatan pemasaran, hal tersebut mencerminkan perilaku
konsumen dalam pengambilan keputusan yang akan berpengaruh dalam tingkat
penjualan produk tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh ptromosi
penjualan dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli ulang. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan explanatory
research. Responden yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menyebarkan
kuesioner kepada konsumen barang elektronik marketplace shopee. Menggunakan
alat bantu software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel
promosi penjualan dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap
minat beli ulang. Hasil pengujian koefisien determinan menunjukkan promosi
penjualan dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli ulang sebanyak sebesar
52,5% dan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini. Berdasarkan hasil R2 sebesar 0,525 termasuk dalam kategori
moderat.
Kata kunci : Promosi penjualan, kepercayaan konsumen, minat beli ulang