Abstract :
Penelitian ini di latarbelakangi oleh pertumbuhan zakat, infak, dan sedekah di
Indonesia yang memiliki tren positif setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui cara yang digunakan Lembaga Amil Zakat Ummul Quro Kabupaten Jombang
dalam melnarik minat masyarakat untuk belrdolnasi baik dalam belntuk zakat, infak, dan
seldelkah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Model penelitian ini menggunakan desain sederhana dengan triangulasi
teori. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi.
Informan dalam penelitian ini peneliti menentukan tiga orang yaitu manager fundraising
dan program, staff fundraising, serta donatur tetap Lembaga Amil Zakat Ummul Quro
Kabupaten Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh
Lembaga Amil Zakat Ummul Quro Kabupaten Jombang dalam menarik minat
masyarakat dalam membayar zakat, infak, sedekah, yaitu dengan menggunakan bauran
promosi yaitu periklanan (advertising), penjualan perseorangan (personal selling),
publisitas (publicity), dan promosi penjualan (sales promotion), selain itu juga melakukan
segmentasi donatur, dan menjaga kepercayaan donatur.
Kata Kunci : LAZ-UQ, Bauran Promosi, Minat