Abstract :
Corporate Social Responsibility atau Tanggung Jawab Sosial merupakan kontribusi yang diberikan perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. Tanggung jawab sosial ini identik dengan perusahaan-perusahaan besar, namun tidak menutup kemungkinan untuk pelaku bisnis berskala kecil menerapkannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pelaksanaan Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh industri tahu di jombang, Corporate Social Responsibility menurut UMKM dan Kesesuaian Corporate Social Responsibility di UMKM dengan tujuan Corporate Social Responsibility.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu industri tahu yang terdaftar di dinas koperasi dan UMKM yang berskala kecil dan mikro. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM industri tahu di Jombang telah menerapkan Corporate Social Responsibility meskipun mereka tidak menyadarinya secara langsung, pelaksanaan Corporate Social Responsibility pada industri tahu dalam kategori ekonomi, yaitu pemberian kontribusi kepada masyarakat dan dalam kategori sosial-ketenagakerjaan, yaitu peningkatan taraf hidup masyarakat berupa pemberian lapangan pekerjaan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Ekonomi, Sosial-Ketenagakerjaan