DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Hidayanti, Nur Anifah
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2023-01-02 06:49:50 
Abstract :
Nilai perusahaan yang tinggi merupakan tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan. Tingginya nilai perusahaan menunjukkan kemakmuran pemegang saham sehingga para pemegang saham akan menginvestasikan modalnya kepada perusahaan tersebut. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi nilai perusahaan, salah satunya adalah Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance. Corporate Social Responsibility merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk memperbaiki masalah sosial dan lingkungan yang terjadi akibat aktivitas operasional perusahaan, sedangkan penerapan Good Corporate Governance pada dasarnya memiliki tujuan untuk memberi kemajuan terhadap kinerja suatu perusahaan dengan terlayaninya semua kepentingan pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan. Tujuan penelitian adalah (a). Untuk menguji secara empiris pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (b). Untuk menguji secara empiris penerapan Good Corporate Governance berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis linier berganda. Berdasarkan analisis data secara parsial dapat disimpulkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan Good Corporate Governance berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai koefisien determinasi (R²) diperoleh 0,574. Artinya dalam penelitian ini variabel Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance mampu untuk mempengaruhi nilai perusahaan sebesar 57,4% dan sisanya 42,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam model ini. Kata kunci: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, nilai perusahan 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara