Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PGRI Dewantara
Author
Nur Dwi Riyana (STUDENT ID : )
(LECTURER ID : 0713046402)
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2022-12-29 06:30:58
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh
kepuasan pasien memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas
pasien di RSUD Ploso Jombang. Bentuk penelitian eksplanatory, dengan
menggunakan skala pengukuran Likert, sampel yang digunakan sebanyak 95 sampel,
metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan angket. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi mediasi, uji hipotesis, dan uji
mediasi sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Kualitas pelayanan mampu
meningkatkan loyalitas pasien RSUD Ploso Jombang. (2) Kualitas pelayanan mampu
meningkatkan kepuasan pasien RSUD Ploso Jombang. (3) Kepuasan pasien mampu
meningkatkan loyalitas pasien di RSUD Ploso Jombang. (4) Peran mediasi kepuasan
pasien pada hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien berpengaruh
signifikan. Saran penelitian selanjutnya, agar dapat menggambarkan kualitas
pelayanan pada rumah sakit umum di kabupaten jombang secara menyeluruh perlu
dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan dalam jangka
waktu penelitian yang lebih panjang.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pasien, dan Kepuasan Pasien