Abstract :
Penelitian ini menganalisis pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sub sektor kosmetik dan keperluan rumah tangga di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan dimana CSR diukur berdasarkan GRI G4 sedangkan kinerja keuangan diukur berdasarkan net profit margin (NPM).
Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan kosmetik dan keperluan rumah tangga sebanyak 30 sampel. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, dan data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan (annual report). Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan dengan nilai signifikansi 0,002. Pengugkapan corporate social responsibility (CSR) mempengaruhi kinerja keuangan sebesar 28,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: corporate social responsibility , kinerja keuangan