DETAIL DOCUMENT
Pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif bagi UKM guna meningkatkan volume penjualan pada UD. Budi Luhur Kota Blitar
Total View This Week0
Institusion
STIE Kesuma Negara Blitar
Author
Lutfiana, Hilda Risalatul
Subject
Manajemen 
Datestamp
2020-06-19 02:24:29 
Abstract :
Di dalam dunia bisnis yang semakin berkembang, strategi pemasaran yang efektif perlu dilaksanakan atau diterapkan agar volume penjualan dapat meningkat. Disisi lain pun juga harus mengerti tentang langkah-langkah dalam melaksanakan strategi pemasaran yang efektif, khusunya bagi UKM. Sebuah UKM harus bisa bersaing dengan kompetitor lain agar tidak kalah bersaing dan mengakibatkan penjualan menurun, terutama kompetitor dengan unit produksi yang sama. Di Kawasan Pariwisata Makam Bung Karno Kota Blitar, kendang merupakan alat musik yang populer dan banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik pengunjung lokal maupun manca negara. Namun, jika dalam hal pemasaran produknya saja tidak efektif, maka dipastikan volume penjualan pun bisa menurun. UD Budi Luhur merupakan UKM yang telah mengalami penurunan pada volume penjualan, karena strategi pemasaran yang dilakukan kurang efektif. UD. Budi Luhur ialah salah satu tempat yang memproduksi dan menjual kendang yang bertempat di Jalan Antasari No. 32 RT 01 RW 02 Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. UD. Budi Luhur perlu melaksanakan strategi pemasaran yang efektif, agar volume penjualan bisa meningkat. Analisa data yang digunakan ialah analisis SWOT untuk mengetahui Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). Strategi pemasaran yang efektif yang perlu dilaksanakan oleh UD. Budi Luhur ialah dengan melakukan pemasaran secara online seperti membuat website produk khusus dari UD. Budi Luhur agar bisa dikenal lebih luas, memberikan pelayanan yang maksimal dalam hal pengiriman barang dan mencari cara agar tidak terjadi keterlambatan pada saat pengiriman, melakukan inovasi produk agar produk yang dijual terlihat lebih menarik dan bervariasi, lalu mempertahankan kecepatan pelayanan konsumen, dan lebih mengutamakan pada kepuasan konsumen. 
Institution Info

STIE Kesuma Negara Blitar