DETAIL DOCUMENT
Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap volume penjualan (studi) kasus pada UD. Cahaya Kota Blitar)
Total View This Week0
Institusion
STIE Kesuma Negara Blitar
Author
Sayfudin, Ahmad Ro'is
Subject
Manajemen 
Datestamp
2020-06-10 07:04:32 
Abstract :
Strategi bisnis yang dilakukan oleh beberapa industri semakin ketat untuk menjaga eksistensi terhadap kompetitor. Salah satu strategi yang digunakan yaitu meningkatkan kualitas dan harga produk. Produk yang memiliki kualitas baik akan lebih banyak diminati oleh konsumen. Kini, konsumen tidak lagi memiliki keraguan untuk membayar harga yang lebih tinggi guna memperoleh produk yang memiliki kualitas yang baik. Peningkatan minat konsumen terhadap produk yang dihasilkan dapat meningkatkan volume penjualan industri. Volume penjualan yang semakin besar dapat meningkatkan laba industri. Sehingga volume penjualan merupakan salah satu komponen penting yang dapat meningkatkan keuntungan. Kesulitan penyortiran yang dialami oleh UD. Cahaya menyebabkan produk memiliki kualitas yang tidak layak jual sehingga menyebabkan penurunan volume penjualan selama dua tahun terakhir yaitu tahun 2016 hingga 2018. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis regresi linier berganda analisis faktor dalam variabel kualitas produk, harga penjualan dan volume penjualan UD. Cahaya. Penelitian ini terletak di UD. Cahaya yang bergerak pada bidang grosir jeroan ayam. Penentuan responden dipilih dengan menggunakan metode nonprobability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 56 konsumen UD. Cahaya. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji regresi linier berganda yang bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas dan harga produk terhadap volume penjualan. Hasil perhitungan regresi linier dapat disimpulkan dengan meningkatkan kualitas produk maka dapat meningkatkan volume penjualan UD. Cahaya. Sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap volume penjualan. Oleh karena itu sebaiknya meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan untuk menarik minat konsumen dengan mempertimbangkan keterjangkauan harga dan kondisi pasar yang diharapkan dapat mendorong peningkatan volume penjualan. 
Institution Info

STIE Kesuma Negara Blitar