DETAIL DOCUMENT
Pengaruh atribut produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli Pop Mie : studi pada konsumen di Kelurahan Sananwetan Kota Blitar
Total View This Week0
Institusion
STIE Kesuma Negara Blitar
Author
Rohmah, Ainul
Subject
Manajemen 
Datestamp
2020-10-15 03:57:44 
Abstract :
Pemasaran moderm menuntul perusahaan untuk memasarkan produknya dengan baik, salah satunya adalaj dengan merancang atribut produk dengan sebaik- baiknya. Atribut produk yang dibuat haruslah diorientasikan pada kebutuhan dan keinginan konsumen. Jadi, scluruh kegiatan pemasaran harus sclalu diorientasikan pada kcbutuhan dan keinginan konsumen, yang selanjutnya dijadikan pedoman dalam penyusunann serangkaian strategi mulai dari perancangan sampai pada pengemasan produk sebaik mungkin. Kemudian menetapkan harga yang menarik atas produk tersebut dan berakhir dengan usaha mcyakinkan konsumen bahwa produk yang dibuat atas dasar kebutuhan dan keinginan konsumen dengan memberikan kualitas dan manfaat maksimal. Kemampuan manajemen untuk meletakkan posisi produk melalui atribut produk yang dimiliki secara tepat di pasar merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan suatu produk di pasaran. Penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah atribut produk tersebut mampu mempengaruhi keputusan konsumen, khususnya di Kelurahan Sananwetan Kota Blitar dalam membeli pop mie. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini adalah variabel bebas dimensi atribut produk (X) yang terdiri dari merek (X), mutu (X2), kemasan (X3), dan rasa (X4) scrta variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Untuk mengetahui atribut produk terhadap keputusan konsumen dengan cara menggali informasi dari para konsumen atau pengonsumsi pop mie malalui pengisian angket atau kuisioner dan pertanyaan terbuka. Penelitian ini menggunakan tcknik analisis regresi berganda (Multiple Regression) dengan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Populasi sebanyak 153 orang yang berada di jln. Kalimantan 41 orang, jln. Imam Bonjol 49 orang, dan jin, Mojopahit 63 orang. Sampel sebanyak 110 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sample. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positip. Berdasarkan hubungan yang terjadi maka: (1) nilai a, = 0,238; nilait 2,050 dan nilai signifikansit = 0,043 SE = 16% membuktikan bahwa pengaruh variabel bebas X, (merek) terhadap variabel terikat Y (keputusan pembelian) signifikan atau dapat dipercaya, (2) nilai a, = 0,220 ; nilai t = 2,090 dan nilai signifikansi t = 0,039 SE = 19,4% membuktikan bahwa pengaruh variabel bebas X2 (mutu) terhadap variabcl terikat Y (keputusan pembelian) signifikan atau dapat dipercaya, (3) nilai a, = 0,401 ; nilai i = 3,505 dan nilai signifikansi t = 0,001 SE = 23,9% membuktikan bahwa pengaruh variabel bebas X3 (kemasan) terhadap variabel terikat Y (keputusan pembelian) signifikan atau dapat dipercaya, (4) nilai a, = 0,498 ; nilai t = 5,117 dan nilai signifikansi t = 0,000 SE = 32,3% membuktikan bahwa pengaruh variabel bebas X, (rasa) terhadap variabel terikat Y (keputusan pembelian) signifikan atau dapat dipercaya. 
Institution Info

STIE Kesuma Negara Blitar