DETAIL DOCUMENT
Peran inovasi produk dan promosi terhadap volume penjualan : studi kasus pada toko "Roti Ridho" Blitar
Total View This Week0
Institusion
STIE Kesuma Negara Blitar
Author
Putri, Anika Diah Hayu Pinasti
Subject
Manajemen 
Datestamp
2020-11-11 02:53:40 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar peranan inovasi produk dan promosi terhadap volume penjualan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan data primer. Jenis penelitian yang diterapkan penulis pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini sebanyak 339 responden, hasil responden tertinggi berdasarkan jenis kelamin adalah perempuan, hasil responden tertinggi berdasarkan usia adalah usia 15-20 tahun, hasil responden tertinggi berdasarkan pendidikan terakhir adalah responden dengan pendidikan sarjana, dan hasil responden tertinggi berdasarkan pekerjaan adalah pelajar atau mahasiswa. Hasil penelitian ini yaitu uji hipotesis parsial atau uji t menunjukkan bahwa nilai dari t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima yaitu variabel inovasi produk (X 1 ) terhadap variabel volume penjualan (Y) berpengaruh positif secara parsial.Uji hipotesis parsial atau uji t menunjukkan bahwa nilai dari t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima yaitu variabel promosi (X 2 ) terhadap variabel volume penjualan (Y) berpengaruh secara parsial. Uji hipotesis simultan atau uji f memiliki nilai f hitung yang lebih besar dari nilai f tabel, sehingga dikatakan H03 ditolak dan Ha3 diterima dengan arti bahwa variabel inovasi produk (X 1 ) dan promosi (X 2 ) secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan (Y). Kesimpulan penelitian ini adalah inovasi produk berpengaruh penting dalam meningkatkan volume penjualan, dengan semakin sering perusahaan melakukan inovasi produk maka konsumen tidak akan senggan melakukan pembelian, maka volume penjualan di Toko ?Roti Ridho? Blitar dapat meningkat. Promosi juga sangat penting dalam pemasaran perusahaan untuk meningkatkan volume penjulan, semakin baik dan menarik promosi yang dilakukan akan semakin banyak konsumen yang tertarik dengan produk yang ditawarkan, ini akan membuat volume penjualan meningkat pada Toko ?Roti Ridho? Blitar. Inovasi produk dan promosi secara bersamaan sangat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. 
Institution Info

STIE Kesuma Negara Blitar