Institusion
STIE Nobel Indonesia Makassar
Author
AZMIN SAHID HAKIM
Subject
Relationship Marketing, Suasana Kafe, Kepuasan Pelanggan
Datestamp
2019-06-26 02:22:55
Abstract :
AZMIN SAHID HAKIM, ?Pengaruh Relationship Marketing dan Suasan Kafe
Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PapsQ Coffee Makassar?. Pembimbing Fitriani
Latief, S.P., M.M.
Judul skripsi ini telah didiskusikan pada tanggal 8 Desember 2018 dan
telah disetujui untuk dilakukan penelitian pada kedai kopi PapsQ Coffee
Makassar. jalan poros Mallengkeri No.47 Kec. Rappocini Kota Makassar.Waktu
yang digunakan dalam penelitian ini adaalah 1 (satu) bulan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : (1) relationship marketing dan suasana kafe
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan
PapsQ Coffee Makassar. (2) relationship marketing dan suasana kafe berpengaruh
positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan PapsQ Coffee
Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini
adalah pengunjung di PapsQ Coffee Makasssar. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100
orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah
diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk
menjawab hipotesis adalah regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara simultan variabel
relationship marketing dan suasana kafe berpengaruh positif dan signifikan
tehadap kepuasan pelanggan. (2) secara parsial Variabel relationship marketing
dan suasana kafe berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Diantara ke dua variriabel tersebut, terdapat variabel yang paling dominan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan yaitu suasana
kafe.