DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL YANG TERGABUNG PADA ASOSIASI CELEBES COOKING AND BAKING COMMUNITY (CCBC) KOTA MAKASSAR
Total View This Week0
Institusion
STIE Nobel Indonesia Makassar
Author
Subject
Pengembangan, Kuliner, Strategi, UMKM, Metode Penelitian Kualitatif, SWOT, Wawancara 
Datestamp
2019-06-29 03:24:14 
Abstract :
Megawati. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil yang Tergabung Pada Asosiasi Celebes Cooking and Baking Community (CCBC) Kota Makassar, pembimbing Ridwan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha mikro dan kecil yang tergabung pada asosiasi CCBC Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan metode wawancara. Sampel penelitian ini sebanyak 30 responden yang merupakan pengusaha-pengusaha yang tergabung pada asosiasi CCBC. Hasil penelitian berdasarkan analisis lingkungan internal perusahaan menyimpulkan bahwa kekuatan utama UMKM kuliner yang terdaftar di komunitas CCBC Makassar adalah kualitas produk. Selanjutnya, kelemahan utamanya terdapat tenaga kerja/karyawan. Sedangkan, berdasarkan analisis lingkungan eksternal perusahaan menyimpulkan bahwa peluangnya adalah harga yang ditawarkan oleh UMKM CCBC Makassar bersaing dengan kompetitor. Ancaman yang dapat mempengaruhi bisnis UMKM CCBC Makassar adalah kompetitor dan pendatang baru untuk produk sejenis. 

Institution Info

STIE Nobel Indonesia Makassar