Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi
kualitas, motivasi karier, motivasi ekonomi, motivasi sosial, dan motivasi
pertimbangan pasar kerja terhadap minat berkarier dalam bidang perpajakan pada
mahasiswa akuntansi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data dari
penelitian ini dengan memanfaatkan data primer yaitu menyebar kuisioner kepada
mahasiswa akuntansi angkatan tahun 2014 dan 2015 yang sedang menempuh
skripsi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 89 sampel.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linear
berganda, dengan menggunakan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh motivasi terhadap minat
berkarier dalam bidang perpajakan. Motivasi kualitas berpengaruh positif karena
banyak mahasiswa akuntansi yang masih ingin meningkatkan kualitasnya saat
berkarier dalam bidang perpajakan. Motivasi karier berpengaruh positif karena
banyak orang yang ingin meningkatkan jabatan dan mengembangkan karirnya
dengan melakukan pekerjaan yang ditekuni. Motivasi ekonomi berpengaruh
positif karena para mahasiswa beranggapan dengan memilih untuk berkarier
dalam bidang perpajakan akan meningkatkan penghasilannya. Motivasi sosial
berpengaruh negatif karena setiap individu akan lebih dihargai menjadi seorang
pengusaha yang dapat membuat lapangan pekerjaan sendiri untuk orang lain.
Motivasi pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh terhadap minat berkarier
karena mahasiswa beranggapan bahwa pekerjaan di bidang perpajakan merupakan
bidang yang sulit untuk dipelajari.
Kata kunci: Motivasi, Minat, Karier, Perpajakan, Mahasiswa.