DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SOSIALISASI, PENGETAHUAN PAJAK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN DENGAN KESADARAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
Author
UTAMI, SELVIA
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2019-12-06 03:50:09 
Abstract :
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi pajak, pengetahuan pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 93 wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Surabaya Krembangan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi pajak tidak berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak, sedangkan pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kesadaran wajib pajak dan kepatuhan wajib pajak. Kesadaran wajib pajak memiliki peran mediasi dalam hubungan antara pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Sebaliknya, kesadaran wajib pajak tidak memiliki peran mediasi dalam hubungan antara sosialisasi pajak dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kata kunci: sosialisasi pajak, pengetahuan pajak, kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak, kepatuhan wajib pajak. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya