DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
Author
SISWANTI, DIAN EKA
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2019-12-11 03:03:42 
Abstract :
Nilai Perusahaan dapat dijadikan sebagai ukuran keberhasilan manajemen perusahaan atas prospek kinerja perusahaan dimasa mendatang sehingga dapat mewujudkan kepercayaan bagi pemegang saham perusahaan, karena apabila kesejahteraan pemegang saham sudah mampu terpenuhi ,maka sudah pasti keadaan tersebut mencerminkan bahwa nilai perusahaan juga tinggi. Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan. Penelitian ini menggunakan populasi terhadap perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Penelitian ini menetapkan dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang diperoleh sebanyak 10 perusahaan dan 30 sampel, penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan diukur dengan menggunakan (DER), profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan diukur dengan menggunakan (ROA), ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan diukur dengan menggunakan (SIZE). Perusahaan sebaiknya memerhatikan struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan sehingga dapat meningkatkan harga saham dan berdampak pada nilai perusahaan dimata investor. Kata Kunci: DER, ROA, SIZE, PBV 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya