Abstract :
Nilai Perusahaan dapat dijadikan sebagai ukuran keberhasilan manajemen
perusahaan atas prospek kinerja perusahaan dimasa mendatang sehingga dapat
mewujudkan kepercayaan bagi pemegang saham perusahaan, karena apabila
kesejahteraan pemegang saham sudah mampu terpenuhi ,maka sudah pasti keadaan
tersebut mencerminkan bahwa nilai perusahaan juga tinggi. Nilai perusahaan dapat
dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu struktur modal, profitabilitas dan
ukuran perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan
dan laporan tahunan.
Penelitian ini menggunakan populasi terhadap perusahaan food and beverage
yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Penelitian ini menetapkan
dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang diperoleh
sebanyak 10 perusahaan dan 30 sampel, penelitian ini menggunakan teknik analisis
regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh positif
terhadap nilai perusahaan diukur dengan menggunakan (DER), profitabilitas
berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan diukur dengan menggunakan (ROA),
ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan diukur dengan
menggunakan (SIZE). Perusahaan sebaiknya memerhatikan struktur modal,
profitabilitas, dan ukuran perusahaan sehingga dapat meningkatkan harga saham dan
berdampak pada nilai perusahaan dimata investor.
Kata Kunci: DER, ROA, SIZE, PBV