DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
Author
FATMAWATI, CICI AYU
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2019-12-11 03:01:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI) berdasarkan standar Global Reporting Initiative (GRI) versi G-4 dengan indikator sebanyak 91 item. Nilai perusahaan diukur dengan menggunakan rasio Tobin?s Q, sedangkan Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio Return On Assets (ROA). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2014-2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 41 perusahaan dari 151 perusahaan manufaktur. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi, dan uji asumsi klasik dengan menggunakan program aplikasi SPSS versi 24. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif dan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas sebagai pemoderasi berpengaruh positif dan mampu memperkuat pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Reponsibility (CSR), Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya