Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas
sebagai Variabel Moderating. Pengungkapan Corporate Social Responsibility
(CSR) dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Corporate Social
Responsibility Disclosure Index (CSRDI) berdasarkan standar Global Reporting
Initiative (GRI) versi G-4 dengan indikator sebanyak 91 item. Nilai perusahaan
diukur dengan menggunakan rasio Tobin?s Q, sedangkan Profitabilitas diukur
dengan menggunakan rasio Return On Assets (ROA).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis
kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2014-2017. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling
yaitu pengambilan sampel sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga
sampel yang diperoleh sebanyak 41 perusahaan dari 151 perusahaan manufaktur.
Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif,
analisis regresi, dan uji asumsi klasik dengan menggunakan program aplikasi SPSS
versi 24.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif dan berpengaruh signifikan
terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas sebagai pemoderasi
berpengaruh positif dan mampu memperkuat pengaruh pengungkapan Corporate
Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Reponsibility (CSR), Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas