DETAIL DOCUMENT
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. MASKARA BRILLIANT BAYU ZADA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
Author
KRISTANTO, CHANDRA
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2019-09-11 12:52:37 
Abstract :
Ketatnya persaingan dunia bisnis saat ini, menyebabkan perusahaan harus memiliki strategi pemasaran yang paling tepat untuk kondisi perusahaan dan iklim bisnis yang dihadapi oleh perusahaan saat ini. Setiap perusahaan pasti menginginkan setiap pelanggannya dapat dipertahankan untuk selamanya, karena pelanggan merupakan aset terbesar yang harus di jaga oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, kepercayaan, komitmen dan penanganan konflik terhadap kepuasan nasabah PT. Maskara Brilliant Bayu Zada. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu kuantitatif, sedangkan teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda. Adapun populasi digunakan adalah para konsumen yang melakukan pembelian secara kontinyu / regular pada PT. Maskara Brilliant Bayu Zada dengan sampel sebesar 100 responden. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan (1) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. (3) Komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. (4) Penanganan konflik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Angkaadjusted r Squared sebesar 65,9% yang menunjukkan sumbangan atau kontribusi dari variabel komunikasi, kepercayaan, komitmen dan penanganan konflik secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci: komunikasi, kepercayaan, komitmen, penanganan konflik dan kepuasan nasabah 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya