Abstract :
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Rasio Leverage,
Rasio Profitabilitas dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Food And
Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Rasio leverage diukur dengan
debt to equity ratio, rasio profitabilitas diukur dengan return on equity dan
keputusan investasi diukur dengan price earning ratio, sedangkan nilai
perusahaan diukur dengan price to book value. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel
jenuh, yaitu terdapat 11 perusahaan. Metode analisis menggunakan statistik
deskriptif dan statistik inferensial
Berdasarkan dari hasil statistik deskriptif diketahui bahwa keputusan investasi
perusahaan berada pada kondisi yang cukup baik, sedangkan rasio leverage, rasio
profitabilitas dan nilai perusahaan berada dalam kondisi yang rendah.
Hasil uji asumsi klasik yang dilakukan menunjukkan bahwa tidak terdapat
pelanggaran, demikian juga hasil uji kelayakan model menunjukkan bahwa model
regresi yang digunakan layak untuk digunakan. Hasil uji hipotesis menunjukkan
bahwa rasio leverage, rasio profitabilitas dan keputusan investasi berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas, Keputusan Investasi, Nilai
Perusahaan