DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 - 2017)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
Author
MAKNUN, JAUHARIL
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2019-12-11 07:37:48 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility(CSR), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, terhadap profitabiloitas perusahaan dengan indikator return on asset(ROA). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai 2017. Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang berbasis teknik yang didasarkan pada kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 20 sampel slama 5 periode maka sampel akhir pada penelitian ini adalah 100 pengamatan. Hasil dari uji statistik yang dilakukan pada penelitian ini adalah: (1) Corporate Social Responsibility(CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, dengan demikian pengungkapan corporate social responsibility (CSR) merupakan suatu pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi, karena didalam pengungkapan corporate social responsibility(CSR) terdapat informasi sosial yang telah dilakukan perusahaan yang mampu meningkatkan image perusahaan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap masyarakat yang akan berdampak terhadap peningkatan profitabilitas perusahaan, (2) kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan pada profitabilitas perusahaan. (3) kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Dengan demikian adanya pengawasan oleh pihak manajemen dan institusi dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan sehingga mampu meningkatkan profitabilitas perusahaan. Kata kunci: Corporate Social Responsibility(CSR), Kepemilikan Manajerial, kepemilikan institusional, dan Profitabilitas. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya