Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social
Responsibility(CSR), kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, terhadap
profitabiloitas perusahaan dengan indikator return on asset(ROA).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua perusahaan
consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai 2017.
Penelitian ini menggunakan purposive sampling yang berbasis teknik yang
didasarkan pada kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 20 sampel slama 5
periode maka sampel akhir pada penelitian ini adalah 100 pengamatan.
Hasil dari uji statistik yang dilakukan pada penelitian ini adalah: (1) Corporate
Social Responsibility(CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas
perusahaan, dengan demikian pengungkapan corporate social responsibility (CSR)
merupakan suatu pertimbangan yang perlu diperhatikan oleh investor sebelum
memutuskan untuk berinvestasi, karena didalam pengungkapan corporate social
responsibility(CSR) terdapat informasi sosial yang telah dilakukan perusahaan yang
mampu meningkatkan image perusahaan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan
terhadap masyarakat yang akan berdampak terhadap peningkatan profitabilitas
perusahaan, (2) kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan pada
profitabilitas perusahaan. (3) kepemilikan institusional berpengaruh positif dan
signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Dengan demikian adanya pengawasan
oleh pihak manajemen dan institusi dapat meningkatkan kinerja suatu perusahaan
sehingga mampu meningkatkan profitabilitas perusahaan.
Kata kunci: Corporate Social Responsibility(CSR), Kepemilikan Manajerial, kepemilikan institusional, dan Profitabilitas.