Abstract :
ABSTRAK
Keberhasilan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli sangat didukung oleh upaya membangun komunikasi dengan konsumen melalui pemahaman tentang apa yang diinginkan oleh konsumen dan membangun strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, endorser, dan komunikasi word of mouth terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya yang menggunakan handphone Oppo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji kelayakan model menunjukkan bahwa model regresi linier yang dihasilkan baik (layak) digunakan untuk mengukur pengaruh gaya hidup, endorser, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t diketahui bahwa gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000. Endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,028. Word of mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,014.
Kata kunci : gaya hidup, endorser, word of mouth, keputusan pembelian