Abstract :
Corporate Social Responsibility sering dianggap inti dari etika bisnis yang
berarti perusahaan tidak hanya mempunyai kewajiban-kewajiban ekonomi dan
legal tetapi juga kewajiban-kewajiban terhadap pihak-pihak lain yang
berkepentingan (stakeholder) yang jangkauannya melebihi kewajiban di atas
(ekonomidan legal). Selanjutnya, profitabilitas yang dipilih sebagai variable
moderasi dalam penelitian ini diduga mempengaruhi secara moderasi
(memperkuat atau memperlemah) terhadap hubungan corporate social
responsibility dengan nilai perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Corporate Social
Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel
Moderating. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling, dengan data berupa laporan tahunan pada perusahaan manufaktur yang
bergerak di bidang food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
(BEI)yaitu dari tahun 2013 ? 2016. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan
adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh profitabilitas
terhadap hubungan corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. Nilai
koefisien regresi menunjukkan nilai yang positif, hal ini menandakan bahwa
profitabilitas (ROA) memperkuat pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan.
Berdasarkan hasil uji kelayakan model menunjukkan bahwa model regresi yang
dihasilkan baik (layak) dan dapat digunakan untuk analisis selanjutnya.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Profitabilitas