Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh profitabilitas,
leverage, dan ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan sektor
consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam menilai
kinerja suatu perusahaan investor, pemegang saham, dan pengguna laporan
keuangan lainnya menggunakan laporan keuangan yang telah disertai laporan
audit independen. Dengan laporan keuangan yang telah diaudit menjadikan
laporan keuangan dapat lebih dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan
pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan perusahaan sektor consumer
goods yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016 sebagai populasi penelitian. Metode
pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan purposive
sampling, sehingga diperoleh 120 perusahaan yang sesuai berdasarkan kriteria
yang telah ditetapkan peneliti.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan
ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada tingkat audit delay suatu perusahaan.
Sedangkan untuk variabel leverage berpengaruh positif terhadap audit delay, yang
artinya bahwa tingginya tingkat leverage perusahaan menyebabkan semakin
besarnya risiko perusahaan tidak dapat memenuhi kewajibannya. Sehingga bagi
perusahaan yang memiliki tingkat leverage tinggi cenderung akan menyampaikan
laporan keuangannya lebih lama, karena dalam rentang waktu tersebut perusahaan
akan terus berusaha untuk menekan tingkat leverage-nya.
Kata- kata kunci: profitabilitas, leverage, size, audit delay