DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
Author
LEILIDA, NUR AZIZAH
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2019-11-12 12:55:53 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap audit delay pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam menilai kinerja suatu perusahaan investor, pemegang saham, dan pengguna laporan keuangan lainnya menggunakan laporan keuangan yang telah disertai laporan audit independen. Dengan laporan keuangan yang telah diaudit menjadikan laporan keuangan dapat lebih dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016 sebagai populasi penelitian. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, sehingga diperoleh 120 perusahaan yang sesuai berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada tingkat audit delay suatu perusahaan. Sedangkan untuk variabel leverage berpengaruh positif terhadap audit delay, yang artinya bahwa tingginya tingkat leverage perusahaan menyebabkan semakin besarnya risiko perusahaan tidak dapat memenuhi kewajibannya. Sehingga bagi perusahaan yang memiliki tingkat leverage tinggi cenderung akan menyampaikan laporan keuangannya lebih lama, karena dalam rentang waktu tersebut perusahaan akan terus berusaha untuk menekan tingkat leverage-nya. Kata- kata kunci: profitabilitas, leverage, size, audit delay 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya