Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris tentang factor-faktor
yang mempengaruhi ketepatan waktu penyajian laporan keuangan perusahaan
consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor yang diuji
dalam penelitian ini yaitu profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan dan
kepemilikan publik.
Populasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode
purposive sampling pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia selama periode 2012-2016 dan berdasarkan kriteria yang telah
ditentukan maka diperoleh sampel sebanyak 23 perusahaan consumer goods.
Faktor-faktor tersebut kemudian diuji dengan menggunakan regresi linier pada
tingkat signifikansi 5 persen.
Hasil uji hipotesis menunjukkan likuiditas berpengaruh negatif secara
signifikan terhadap ketepatan waktu penyajian laporan keuangan sehingga
hipotesis ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat likuiditas yang dimiliki oleh
perusahaan tidak dipertimbangkan dalam menyajikan laporan keuangan
perusahaan secara tepat waktu maupun tidak tepat waktu. Sementara itu,
profitabilitas, ukuran perusahaan dan kepemilikan publik tidak mampu
mempengaruhi ketepatan waktu penyajian laporan keuangan pada perusahaan
barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Kata kunci: ketepatan waktu, profitabilitas, return on asset, likuiditas, ukuran perusahaan, kepemilikan publik, laporan keuangan