Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh relative advantge dan
compatibility terhadap kepuasan konsumen layanan blood jek. Jenis penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif dengan mencari hubungan kausal. Populasi
dalam penelitian ini adalah pengguna layanan blood jek. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling dan teknik yang dipilih
adalah accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 36 responden.
Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data
primer dan jenis data sekunder. Variabel independen terdiri dari relative
advantage dan compatibility. Variabel dependen adalah kepuasan konsumen.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
wawancara menggunakan kuisioner, observasi dan kuisioner. Teknik analisis data
yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial relative advnatage tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen layanan blood jek dan
compatibility secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasam
konsumen layanan blood jek. Secara simultan relative advanatge dancompatibility berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen layanan blood
jek pada Rumah Sakit di Kota Lumajang.