Abstract :
Perusahaan percetakan di Indonesia berkembang dengan pesat, baik dalam skala kecil,
menengah maupun skala besar. Perkembangan ini juga terjadi di Kabupaten Lumajang, dimana
terdapat berbagai perusahaan percetakan dalam jumlah yang cukup banyak. Salah satu perusahaan
percetakan yaitu CV. Semesta berusaha memperkenalkan perusahaanya dengan komunikasi
pemasaran terpadu, menjaga citra perusahaan dan juga menjamin kepuasan pelanggannya untuk
tetap dapat bersaing di pasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komunikasi
pemasaran terpadu dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan di CV. Semesta kabupaten
Lumajang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di CV. Semesta yang berjumlah 200
pelanggan. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah
sampel sebanyak 70 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner
yang dinilai dengan skala likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis didapat bahwa
nilai hasil uji F dapat diketahui nilai Fhitung sebesar 131,586 lebih besar dari Ftabel 3,14. dengan
tingkat signifikasi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat diketahui secara simultan variabel komunikasi
pemasaran terpadu dan citra perusahaan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan CV. Semesta di Kabupaten Lumajang.