Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang
bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran beras di PT. Sumber Alam
Kabupaten Lumajang. Beras merupakan salah satu bahan makanan terpenting di
dunia. Apalagi di benua Asia, nasi sudah menjadi makanan pokok bagi sebagian
besar masyarakat (terutama kalangan menengah ke bawah). Benua Asia
merupakan wilayah tempat tinggal para petani yang menghasilkan sekitar 90%
dari produksi beras dunia. Indonesia merupakan negara terpadat keempat di dunia.
Hal ini menyebabkan tingginya permintaan akan konsumsi bahan pangan
masyarakat. Penelitian ini mengambil 5 (lima) orang informan, yang terdiri dari
Owner, Admin, Kep. Bagian Produksi, Kep. Bagian Distribusi dan Konsumen.
Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, studi
kepustakaan dan internet. Penelitian ini dilakukan pada PT. Sumber Alam
Kabupaten Lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis SWOT
dengan teknik Analysis Interactive Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,
beras produksi PT. Sumber Alam memiliki kualitas produk yang baik dengan
harga yang terjangkau sehingga tidak menimbulkan keraguan masyarakat
terhadap kualitas beras produksi PT. Sumber Alam untuk pemenuhan kebutuhan
konsumsi. Strategi pemasaran produk beras PT. Sumber Alam melalui distribusi
langsung dan distribusi tidak langsung. Yang dimana distribusi langsung
dilakukan dengan produk yang dipasarkan diantarkan langsung ke konsumen tetap
atau konsumen (masyarakat umum) yang langsung datang melakukan pembelian
di pabrik